Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

PHILODENDRON


-->
Philodendron merupakan tanaman herba dengan bentuk batang ada tegak yang berbentuk roset dan ada yang merambat. tanaman ini memiliki tipe perakaran serabut dalam tanah dan juga terdapat akar udara pada buku-bukunya dan umumnya pada philodendron dengan tipe batang merambat. Philodendron ini memiliki bentuk daun yang bervariasi, bulat, oval, bentuk hati bentuk lanset dan ada juga yang menjari dengan warna daun yang beraneka ragam juga. Bunga tanaman ini tidak jauh berbeda dengan aglaonema tetapi pada philodendron ini bunga jantan terletak pada bagian atas bunga dan bunga betina pada bagian bawah, dan matangnya serbuk sari dan ovul juga tidak dalam waktu bersamaan, biasanya serbuk sari lebih dahulu matang dibandingkan dengan putik. Bunga philodendron ini tersusun dalam suatu tongkol yang dilindungi oleh spadik. (Anonimous, 2008)

Sistematik tanaman Philodendron menurut Lawrence 1964
Regnum : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Classis : Monocotyledoneae
Ordo : Spathiflorae
Familia : Araceae
Genus : Philodendron
Species : Philodendron sp

Tanaman Philodendron tidak membutuhkan cahaya matahari langsung, dan lebih menyukai suhu udara yang lembab (Hessayon. 1993), dan ada juga yang dapat hidup dalam kondisi cahaya yang sangat minim sekali. Tanaman ini tumbuh dengan baik dengan suhu udara pada malam hari 65 sampai dengan 700F dan suhu pada siang hari 75 sampai 850F (Russ. 1999). Beberapa varietas tanaman ini ada juga yang tumbuh dengan baik dengan cahaya matahari langsung. Philodendron yang ditanam pada kondisi kurang cahaya lebih subur dari pada tanaman yang ditanam langsung pada kondisi banyak cahaya. (County. 2000)
Berdasarkan tipe batangnya terdapat dua tipe dasar Philodendron, yaitu kelompok Philodendron dengan batang merambat dan Philodendron yang berbatang tegak (Hessayon. 1993).
>

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning