Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Hewan purba bakalan ada lagi di dunia

Menghidupkan kembali hewan yang sudah punah bukan lagi hanya dalam kisah fiksi Jurrasic Park. Sebentar lagi bisa jadi kenyataan. Ilmuwan sudah sukses mengurai kode DNA mamot bebulu, dan dalam satu atau dua dekade lagi, mamot itu bisa “dihidupkan” kembali. Bukan hanya mamot berbulu, mahluk purba seperti mastodon juga bisa hadir lagi.

“Itu bisa terjadi, masalahnya adalah jika kita memang bisa melakukannya, apakah memang perlu dilakukan,” komentar Stephan Schuster, pakar biokimia dari Penn State University (PSU) yang terlibat dalam riset tersebut.

Faktor yang terpenting dari sebuah kehidupan yaitu makanan, di perkirakan jika hewan tersebut di hidupkan kembali apakah makanan untuk mereka telah tersedia., yang sesuai dengan zaman waktu mereka hidup

terlepas dari keinginan para peneliti untuk menghidupkan kembali hewan-hewan purba, tentunya salah satu masalah besar juga akan dihadapi oleh manusia, mungkin yang akan terjadi tidak akan jauh berbeda seperti dalam film Jurrasic Park tersebut..., masalah keselamatan dan keamanan umat manusia juga perlu di perhatikan.

Studi terhadap mamot seharga satu juta dolar tersebut sudah menghasilkan draft pertama genom hewan itu, lengkap dengan detail yang lebih dari tiga triliun blok DNA. Hasilnya dipublikasikan di jurnal Nature. Studi ini memberi petunjuk bagi ilmuwan mengenai evolusi dan kepunahan.

Ukuran mamot berkisah 8-14 kaki, seukuran gajah masa kini, dan sudah punah sejak 10.000 tahun lalu. Untuk mengenali DNA-nya, mereka meneliri 20 gumpalan bulu mamot beku di Siberia. Di masa lalu mereka juga mempelajari DNA yang diekstrak dari tulang fosil, namun sudah banyak terkontaminasi bakteri, virus dan parasit selama ribuan tahun.

http://netsains.com

berbagai sumber lainnya

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning