Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Tumbuhan Mangrove yang dapat digunakan sebagai bahan untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit

Rizki, Tuti Milda Sari, Irma Leilani
khi_bio@yahoo.com

Bunga Achantus ilicifolius




Hutan mangrove memiliki peranan yang sangat penting pada kawasan pesisir pantai. selain untuk menjaga kawasan pesisir dari abrasi juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan berbagai jenis biota. berbagai jenis flora pada hutan mangrove ini memiliki khasiat yang dapat digunakan sebagai tumbuhan obat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Mei 2012 dengan pengamatan langsung di lapangan dan melakukan koleksi langsung terhadap semua jenis tumbuhan mangrove yang bermanfaat bagi masyarakat, serta melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar. 

Dari hasil penelitian didapatkan 9 jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat antara lain Cerbera manghas (Apocynaceae), Achantus ilicifolius (Achantaceae), Nypa fructicans (Arecaceae) Flagellaria indica (Flagellariaceae), Lepturus repens (Graminae), Hibiscus tiliaceus (Malvaceae), Melastoma candidum (Melastomataceae) Asplenium nidus (Aspleniaceae), Acrostichum speciosum (Pteridaceae).



Kata Kunci: Mangrove, Tumbuhan Obat, Etnobotani

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning