Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Studi Morfologi Organ Vegetatif Karamunting Rhodomyrtus tomentosa (Ait.) Hassk

Rizki* dan Ganda Hijrah Selaras**

*Staf pengajar Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat
**Program Pascasarjana Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang

Rhodomyrtus tomentosa
Rhodomyrtus tomentosa (Ait.) Hassk. merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh liar. Tumbuhan ini memiliki 2 varietas, yaitu: tomentosa dan parviflora. R. tomentosa (Ait.) Hassk. yang diamati merupakan varietas tomentosa, sehingga namanya adalah R. tomentosa var. tomentosa dengan sinonim Myrtus canescens Lour. Pengamatan ini bertujuan untuk melihat struktur morfologi organ vegetatif karamunting yang tumbuh di Lubuk Minturun Padang.
Dari pengamatan dan dari sumber literatur yang ada diketahui bahwa sistem perakaran R. tomentosa (Ait.) Hassk adalah akar tunggang dengan tipe akar tunggang bercabang, karena akarnya berbentuk kerucut panjang, tumbuh lurus ke bawah, bercabang-cabang banyak dan cabang-cabangnya bercabang lagi.
Tumbuhan ini memiliki batang yang jelas (planta caulis) batang berkayu (lignosus) dengan habitus atau perawakan perdu. Bentuk batang bulat (teres). Permukaan batang muda berambut (pilosus) sedangkan batang tua melepaskan kerak. Arah tumbuh batang tegak lurus (erectus). Warna batang tuanya coklat sedangkan batang mudanya bewarna hijau. Arah tumbuh cabang condong ke atas (fagitatus). Daun berwarna hijau dan merupakan daun tunggal, karena pada satu tangkai daun terdapat satu helai daun. Bentuk bangun daun jorong (ellipticus). Ujung daun tumpul (obtusus). Pangkal daun pasak (cuneate). Tepi daun rata (integer). Pertulangan daun menyirip (penninervis) dengan tiga vena utama. Daging daun seperti perkamen (perkamenteus), tipis tetapi cukup kaku. Permukaan atas daun gundul (glaber) berwarna hijau tua. Permukaan bawah daun berambut halus (tomentosus) berwarna hijau pucat. Pelipatan daunnya melipat di sepanjang ibu tulang daun ke arah dalam (conduplicate). Dari pengamatan diketahui bahwa Tumbuhan ini mempunyai ciri khas berupa rambu-rambut halus (tomentose) yang terdapat pada beberapa bagian tubuh, seperti permukaan bawah daun dan permukaan batang muda.

Kata kunci: Karamunting, Rodomitrus
fulltext: khi_bio@yahoo.com

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning