Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Media Tumbuh Jamur Tiram

Rizki dan Juita Roseta Sari

Secara tradisional di Jepang bibit ditanam di lubang atau garisan di kayu kering. Pengeringan dilakukan dengan tenaga listrik atau sinar matahari. Dalam budi daya modern, media tumbuh yang digunakan berupa kayu tiruan (log) yang dibuat dalam bentuk silinder (Meina, 2007).

Menurut Chazali (2009), Media untuk budi daya jamur tiram yang dapat digunakan antara lain sustrat kayu, serbuk gergaji, ampas tebu, atau sekam. Saat ini, pembudidaya banyak menggunakan baglog sebagai tempat pertumbuhan jamur tiram. Baglog merupakan tempat untuk pembiakan tubuh buah jamur yang di dalamnya sudah terdapat media dan nutrisi yang mendukung pertumbuhan jamur. Bahan pembuatan baglog terdiri dari serbuk kayu, kantong plastik, cincin paralon atau bambu berdiameter 3 cm, dedak halus (bekatul), tepung jagung, air, dan gips atau kapur (kalsium karbonat).

Untuk meningkatkan produksi jamur harus dipilih bekatul dan tepung jagung yang mutunya baik, masih baru, sebab jika sudah lama disimpan kemungkinan telah menggumpal atau telah mengalami fermentasi serta tidak tercampur dengan bahan-bahan lain yang dapat mengganggu pertumbuhan jamur (Suriawiria, 2004).

Beberapa hasil penelitian, penggunaan dedak maupun bekatul yang mutunya baik mampu memberikan kualitas hasil jamur yang sama karena kandungan nutrisi antara kedua bahan tersebut mirip. Kapur (CaCO3) berfungsi sebagai sumber mineral dan pengatur pH. Kandungan Ca dalam kapur dapat menetralisir asam yang dikeluarkan misellium yang juga bisa menyebabkan pH lingkungan menjadi rendah.

TABEL 1. Komposisi Media Untuk Pembuatan 80 Baglog

Bahan Media
                      Takaran      
1.Sebuk kayu
100 kg
2.Dedak halus atau bekatul
10 kg
3.Kapur (CaCO3)
0,5 kg
4.Air kelapa
50-60%


Rizki dan Juita Roseta Sari



>

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning