Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Sukun (Artocarpus communis)

Sukun (Artocarpus communis) termasuk genus Artocarpus, yang terdiri sekitar 40 spesies. Spesies yang terkenal antara lain nangka dan cempedak. Tanaman sukun memiliki banyak kegunaan yaitu sebagai bahan makanan yang, diolah menjadi berbagai macam makanan, misalnya getuk sukun, stik sukun, dan kripik sukun. Batang pohon (kayu) dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan maupun dibuat papan kayu dan kulit buah sukun diolah menjadi sejenis minuman yang biasa oleh wanita pada masa nifas (setelah melahirkan) untuk mecairkan darah. Getah sukun dapat dijadikan sebagai semen dalam pembuatan bejana agar bejana tidak tembus air (Triwiyatno, 2003).

Tanaman sukun memiliki karakteristik tersendiri yaitu: akar tunggang dan tergolong akar adventif karena sebagian akar tersebut menyebar didekat permukaan tanah. Pada tanaman yang sudah tua, sebagian akar tersebut muncul kepermukaan tanah dan jika dilukai akar tersebut akan muncul tunas baru. Daun tanaman sukun kaku, tebal dan besar. Permukaan daun bagian atas bewarna hijau mengkilap dan permukaan daun bagian bawah bewarna hijau dan kasar. Tulang daun menonjol dan dibagian tepi daun berlekuk-lekuk (Triwiyatno, 2003).

Selanjutnya Sunarjono (2004), menyatakan bahwa batang sukun besar, agak lunak dan bergetah banyak. Bunga sukun berkelamin tunggal (bunga betina dan bunga jantan terpisah), tetapi berumah satu dan bunganya keluar dari ketiak daun pada ujung cabang dan ranting. Buah sukun mirip dengan buah keluwih. Perbedaanya adalah duri buah sukun tumpul, bahkan hampir tidak tampak pada permukaan buahnya. Selain itu, buah sukun tidak berbiji (partenokarpi).

Taksonomi tanaman sukun dapat diklasifikasikan sebagai berikut: Kingdom Plantae, Divisio Spermathopyta, Subdivisio Angiospermae, Classis Dicotiledonae, Ordo Urticales, Familia Moraceae, Genus Artocarpus, Species Artocarpus communis (Triwyatno, 2003).

Buah sukun telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan sumber karbohidrat. Pada umumnya buah sukun dimanfaatkan sebagai makanan ringan, seperti kripik sukun, sukun rebus atau sukun goreng, bahkan buah sukun yang matang dagingnya yang lunak dan lembut bisa digunakan untuk campuran membuat kue (Anonimus, 2008).

Daftar Pustaka

Anonimus. 2008. Tape Dari Buah Sukun. http://idealternatif.blogspot.com. (akses: 10 April 2011). 
Anonimus. 2010. Tape Sukun. http://fresh-thinker.blogspot.com. (akses: 11 April 2011).
Sunarjono, H. 2004. Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah. Penebar Swadaya: Jakarta.
Tiwiyatno, E. A. 2003. Bibit Sukun Cilacap. Kanisius: Yogyakarta.
>

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning