Selamat Datang di Web Rizki, S.Si., M.P., Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pembina mata kuliah Morfologi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan Tinggi, Biologi Umum, Ekologi Tumbuhan, Pengantar Laboratorium, dan Pengantar Bioteknologi. email: khi_bio@yahoo.com dan khibio3@gmail.com

Syarat Tumbuh Tanaman Selada (Lactuca sativa L.)

Rizki dan Rini Eka Putri

a. Tanah

Tanaman selada dapat ditanam pada berbagai macam tanah, namun pertumbuhan yang baik akan diperoleh jika ditanam pada tanah liat berpasir yang cukup mengandung bahan organik, gembur dan tidak mudah tergenang air. Selada tumbuh baik dengan pH tanah 6,0-6,8 atau idealnya 6,5 (Pracaya, 2002).

b. Letak geografis

Menurut Suprayitna (1996), tanaman selada dapat tumbuh baik pada daerah yang mempunyai cuaca sejuk. Cocok ditanam di dataran tinggi, tapi sebenarnya jika ditanam di dataran rendah hasilnya juga baik, apalagi jika dilakukan pemeliharaan secara intensif.

c. Suhu dan kelembaban

Suhu udara yang di perlukan untuk pertumbuhan selada adalah 15-20°C. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada cuaca yang lembab dan sejuk (Harjono, 2001).

d. Intensitas cahaya

Faktor cahaya juga berperan penting dalam pertumbuhan tanaman selada, makin banyak cahaya maka semakin mudah tanaman ini berfotosintesis.

e. Penyinaran 

Tanaman selada kurang tahan terhadap cahaya matahari yang terik dan cuaca yang panas. Jika ditanam di dataran rendah perlu diberi naungan.

Rizki dan Rini Eka Putri
>

Informasi Kesehatan

loading...

Informasi Terbaru

Web Learning